Internet, sekarang ini telah menjadi
kebutuhan utama, apalagi bagi yang tinggal di kota. Banyak kebutuhan yang bisa
dilakukan dengan internet, tentunya disini hanya membahas area internet positif
😊. Penggunaan internet sangat luas,
mulai dari pelajaran hingga hiburan. Hampir semua telah di integrasikan dengan
internet.
Di Indonesia, penggunaan internet
paling besar yaitu untuk mengakses media sosial sebesar 82,05%. Disusul untuk
keperluan akses berita sebesar 73,5%, keperluan hiburan sebesar 45,1%, tugas
sekolah sebesar 35,08%, penggunaan email sebesar 27,8%, aktifitas jual beli
sebesar 11,33%, kegiatan finansial sebesar 8,38%, dan 3,89% untuk keperluan
lainnya. (Katadata Indoenesia, 2015).
Berdasarkan survei yang dilakukan
Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet
Indonesia (APJII) pada 2016 diketahui bahwa jumlah pengguna internet di
Indonesia telah mencapai 132,7 Juta jiwa atau telah lebih dari setengah
penduduk Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa internet telah menjamur hampir ke
semua kalangan, terutama yang berada di lingkungan perkotaan. Kemudahan
menggunakan internet serta banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan
menggunakan internet secara bijak menjadi daya tarik banyak masayarakat.
Masyarakat yang suka berselancar di
dunia maya akhir-akhir ini banyak yang berpikir bagaimana caranya agar
produktif. Salah satunya dengan membuat dan memiliki website sendiri. Entah berupa website
gratisan ataupun yang berbayar. Penggunaannya pun variatif, ada yang hanya
sekedar berbagi ilmu, ada juga yang bertujuan komersil atau berjualan, e-commerce.
Memiliki website atau blog saja kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba
dan mengaplikasikan trik SEO, Search
Engine Optimation. Materi ini saya dan kawan-kawan Etos Surabaya angkatan
2014 dapatkan ketika melakukan pembinaan angkatan yang berlokasi di loopstation depan Taman Bungkul
Surabaya.
Materi SEO pada pembinaan etos angkatan
2014 telah tercantum dalam kurikulum pembinaan yang diterbitkan manajemen
Beastudi Etos Pusat. Sehingga materi ini bukan serta merta atau materi yang tak
dipersiapkan. Kalau begitu apa itu SEO? Apa manfaatnya? Dan apa keunggulannya? Lets
check it out.
SEO (Search Engine Optimation) merupakan salah satu cara untuk
mengoptimasi volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari dengan
memanfaatkan algorithma mesin pencari tersebut. Simpelnya, dengan SEO maka website atau blog kalian dioptimalkan
agar ketika di search pada mesin
pencari menduduki posisi teratas. Jika tidak pada posisi teratas, paling tidak
bisa tampil pada halaman pertama dengan kata kunci yang dituliskan pada mesin
pencari tersebut. Manfaatnya jika website
atau blog kita berada pada halaman pertama atau bahkan berada pada posisi
pertama maka kemungkinan akan dikunjungi sangatlah besar, kira-kira dalam
persentase adalah sebesar 95%. Apalagi untuk keperluan bisnis, semakin banyak
pengunjung maka semakin besar pula peluang bagi sebuah bisnis untuk terus maju.
Kegunaan SEO juga dapat dirasakan pada
proses self branding atau personal branding. Misalnya saja, pada website pribadi bercerita tentang
pengalaman-pengalaman berharga ketika menjuarai turnamen sepak bola. Atau bisa
juga dengan memberikan perkenalan slot tempat yang berisi tentang diri pada website.
Cara menjadikan website SEO sangat mudah, asalkan ada kemauan dan usaha. Hal yang
perludiperhatikan pada postingan yaitu:
Pertama
keyword. Keyword merupakan kata yang diketikkan pada mesin mencari untuk menampilkan
apa yag dicari pengguna internet, tentunya sesuai kata kunci tersebut.
Kedua,
yaitu links. Semakin banyak website lain mencantumkan alamat website kita didalam postingannya, maka
bertambah peluang agar website kita
tampil pada halaman pertama di mesin pencari.
Ketiga,
yaitu content. Konten yang bagus
dicirikan yang pertama tidak copy paste
karya orang lain. Selain itu, isinya juga bermanfaat. Karena percuma saja, jika
konten yang ada pada website kita tak
memiliki makna, apalagi yang menjerumuskan. Tentu hal itu merupakan hal yang
sia-sia. Semakin bagus konten website kita
maka semakin bagus pula kualitasnya sehingga semakin banyak orang yang
tertarik. Biasanya konten yang SEO berkisar antara 1000 hingga 2500 kata, namun
secukupnya juga tidak masalah yang penting semua materi telah tercakup.
Keempat
yaitu marketing. Marketing yang dimaksud salah satunya yaitu dengan mempromosikan website atau postingan kita dengan
berbagai cara, misal dengan share
melalui facebook, twitter, dan lain-lain. Satu kali promo mungkin bisa saja
ribuan bahkan jutaan orang akan berkunjung pada postingan kita.
Kelima
yaitu strategy. Strategi ini penting,
diamana kita perlu menyesuaikan ide tulisan kita dengan calon pengunjung yang
kita bidik. Misal, ketika akan berjualan produk keperluan hiking, maka yang kita bidik pertama kali adalah kalangan-kalangan
yang suka hiking.
Keenam
yaitu unique. Postingan-potingan yang
unik atau jarang ditemui, maka besar kemungkinannya ketika kita serach di mesin pencari akan muncul sebagai
postingan yang pertama dihalaman utama.
-
Materi lengkap dapat anda temukan di buku Online Teleport.
0 komentar:
Post a Comment