Selamat Datang

Monday 13 March 2017

Edisi Pengembangan Februari: Pembinaan Etos Surabaya Angkatan 2014



      Internet, sekarang ini telah menjadi kebutuhan utama, apalagi bagi yang tinggal di kota. Banyak kebutuhan yang bisa dilakukan dengan internet, tentunya disini hanya membahas area internet positif 😊. Penggunaan internet sangat luas, mulai dari pelajaran hingga hiburan. Hampir semua telah di integrasikan dengan internet.
            Di Indonesia, penggunaan internet paling besar yaitu untuk mengakses media sosial sebesar 82,05%. Disusul untuk keperluan akses berita sebesar 73,5%, keperluan hiburan sebesar 45,1%, tugas sekolah sebesar 35,08%, penggunaan email sebesar 27,8%, aktifitas jual beli sebesar 11,33%, kegiatan finansial sebesar 8,38%, dan 3,89% untuk keperluan lainnya. (Katadata Indoenesia, 2015).

            Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet  Indonesia (APJII) pada 2016 diketahui bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 Juta jiwa atau telah lebih dari setengah penduduk Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa internet telah menjamur hampir ke semua kalangan, terutama yang berada di lingkungan perkotaan. Kemudahan menggunakan internet serta banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan internet secara bijak menjadi daya tarik banyak masayarakat.
            Masyarakat yang suka berselancar di dunia maya akhir-akhir ini banyak yang berpikir bagaimana caranya agar produktif. Salah satunya dengan membuat dan memiliki website sendiri. Entah berupa website gratisan ataupun yang berbayar. Penggunaannya pun variatif, ada yang hanya sekedar berbagi ilmu, ada juga yang bertujuan komersil atau berjualan, ­e-commerce.
            Memiliki website atau blog saja kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba dan mengaplikasikan trik SEO, Search Engine Optimation. Materi ini saya dan kawan-kawan Etos Surabaya angkatan 2014 dapatkan ketika melakukan pembinaan angkatan yang berlokasi di loopstation depan Taman Bungkul Surabaya.
            Materi SEO pada pembinaan etos angkatan 2014 telah tercantum dalam kurikulum pembinaan yang diterbitkan manajemen Beastudi Etos Pusat. Sehingga materi ini bukan serta merta atau materi yang tak dipersiapkan. Kalau begitu apa itu SEO? Apa manfaatnya? Dan apa keunggulannya? Lets check it out.
            SEO (Search Engine Optimation) merupakan salah satu cara untuk mengoptimasi volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan algorithma mesin pencari tersebut. Simpelnya, dengan SEO maka website atau blog kalian dioptimalkan agar ketika di search pada mesin pencari menduduki posisi teratas. Jika tidak pada posisi teratas, paling tidak bisa tampil pada halaman pertama dengan kata kunci yang dituliskan pada mesin pencari tersebut. Manfaatnya jika website atau blog kita berada pada halaman pertama atau bahkan berada pada posisi pertama maka kemungkinan akan dikunjungi sangatlah besar, kira-kira dalam persentase adalah sebesar 95%. Apalagi untuk keperluan bisnis, semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula peluang bagi sebuah bisnis untuk terus maju.
            Kegunaan SEO juga dapat dirasakan pada proses self branding atau personal branding. Misalnya saja, pada website pribadi bercerita tentang pengalaman-pengalaman berharga ketika menjuarai turnamen sepak bola. Atau bisa juga dengan memberikan perkenalan slot tempat yang berisi tentang diri pada website.
            Cara menjadikan website SEO sangat mudah, asalkan ada kemauan dan usaha. Hal yang perludiperhatikan pada postingan yaitu:
Pertama keyword. Keyword merupakan kata yang diketikkan pada mesin mencari untuk menampilkan apa yag dicari pengguna internet, tentunya sesuai kata kunci tersebut.
Kedua, yaitu links. Semakin banyak website lain mencantumkan alamat website kita didalam postingannya, maka bertambah peluang agar website kita tampil pada halaman pertama di mesin pencari.
Ketiga, yaitu content. Konten yang bagus dicirikan yang pertama tidak copy paste karya orang lain. Selain itu, isinya juga bermanfaat. Karena percuma saja, jika konten yang ada pada website kita tak memiliki makna, apalagi yang menjerumuskan. Tentu hal itu merupakan hal yang sia-sia. Semakin bagus konten website kita maka semakin bagus pula kualitasnya sehingga semakin banyak orang yang tertarik. Biasanya konten yang SEO berkisar antara 1000 hingga 2500 kata, namun secukupnya juga tidak masalah yang penting semua materi telah tercakup.
Keempat yaitu marketing. Marketing yang dimaksud salah satunya yaitu dengan mempromosikan website atau postingan kita dengan berbagai cara, misal dengan share melalui facebook, twitter, dan lain-lain. Satu kali promo mungkin bisa saja ribuan bahkan jutaan orang akan berkunjung pada postingan kita.
Kelima yaitu strategy. Strategi ini penting, diamana kita perlu menyesuaikan ide tulisan kita dengan calon pengunjung yang kita bidik. Misal, ketika akan berjualan produk keperluan hiking, maka yang kita bidik pertama kali adalah kalangan-kalangan yang suka hiking.
Keenam yaitu unique. Postingan-potingan yang unik atau jarang ditemui, maka besar kemungkinannya ketika kita serach di mesin pencari akan muncul sebagai postingan yang pertama dihalaman utama.
NB:     - Catatan pembinaan angkatan etos 2014 tentang SEO
- Tugas pembinaan angkatan etos 2014 bulan Februari
- Materi lengkap dapat anda temukan di buku Online Teleport.

0 komentar: